Home | Posts RSS | Comments RSS | Login

All About Garuda

Senin, 21 Januari 2013

Garuda, merupakan burung kebanggaan rakyat Indonesia yang mendapat posisi terhormat sebagai lambang negara, dalam kehidupan nyata terlihat sosoknya dalam diri elang jawa (Nisaetus bartelsi).  

Dalam Kitab Adiparwa disebutkan bahwa garuda merupakan burung gagah berani yang dijadikan kendaraan Dewa Wisnu. Burung yang berdiam di surga ini diperkenalkan oleh Presiden Soekarno kepada khalayak sebagai lambang negara pada 15 Februari 1950 di Hotel Des Indes, Jakarta


Namun, di luar konteks simbol atau lambang negara tersebut, burung merupakan salah satu spesies yang banyak memberi manfaat baik bagi manusia maupun alam. Sebut saja Elang yang merupakan top predator dalam siklus rantai makanan. Keberadaannya tentu sangat mempengaruhi seglaa bentuk kehidupan di alam





Hal ini membuat kami bersama beberapa komunitas birdwatcher turut serta dalam kampanye Elang Jawa yang bertajuk “All About Garuda” yang diadakan di Taman Bungkul Surabaya bersamaan dengan dilaksanakannya Car Free Day pada hari Minggu, 23 Desember 2012.


  
















Selain itu, acara ini merupakan rangkaian acara dari program pelepasliaran Elang Jawa (sitaan dari hasil operasi represif di Kabupaten Sidoarjo) di Kawah Ijen  yang alhamdulillah telah dilaksanakan tanggal 15 Januari 2013. 
Rangkaian-rangkaian acara ini merupakan hasil kerja sama Balai Besar KSDA Jawa Timur dengan Raptor Indonesia (RAIN), Perum Perhutani Unit II Jawa Timur (KPH Banyuwangi Barat), serta rekan-rekan voulenteer dari beberapa perguruan tinggi di Jawa Timur (PEKSIA  Himbio Universitas Airlangga, Kelompok Minat Profesi Veteriner Pet & Wild  FKH Universitas Airlangga, PECUK  Biologi Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya, KELAWAR  FKH Universitas Brawijaya, MAPALIPMA  Institut Pertanian Malang, MALANG EYES LAPWING- Biologi Universitas Negeri Malang, ZOOTHERA – Biologi Universitas Brawijaya Malang, Mapala Politeknik Banyuwangi).




Terbang Menembus Batas !!




0 comments to All About Garuda:

Posting Komentar